Bahaya Hepatitis B

Bahaya hepatitis b bisa mengancam jiwa, untuk itu jangan pernah abaikan jika saat ini anda mengalami gejala hepatitis b segera atasi dan obati dengan serius sehingga hal buruk akibat komplikasi penyakit hepatitis b bisa anda hindari.

Bahaya Hepatitis B

Bahaya Hepatitis B Yang Harus Diwaspadai

Hepatitis b merupakan penyakit hati yang tidak boleh di anggap sepele karena telat melakukan penanganan dan pengobatan bisa mengancam jiwa penderitanya.

Penyakit hati hepatitis b muncul akibat dari hati mengalami infeksi serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B ( HBV ) yang perlahan namun pasti bisa menyebabkan hati kehilangan fungsinya ( gagal hati ) sehingga bisa mengancam jiwa penderitannya.

Celakanya hepatitis b tidak menimbul gejala di awal kemunculannya sehingga banyak penderita yang tidak menyadari dirinya terkena penyakit hepatitis b, bahkan sama sekali tidak mengetahui dirinya terkena penyakit ini.

Pada tahun 2015 ada sekitar 28 juta orang indonesia mengidap penyakit hepatitis b dan setengah dari jumlah tersebut berpotensi menjadi kronis serta 10 persen dari risiko kronis tersebut akan mengalami sirosis atau bahkan kanker hati sehingga menjadi masalah kesehatan yang cukup serius.

Bukan hanya di indonesia penyakit hepatitis b juga menjadi masalah kesehatan global dimana diperkirakan lebih dari 680 ribu orang meninggal dunia tiap tahun akibat komplikasi hepatitis B.

Hal tersebut jelas menunjukan bahwa penyakit hepatitis b berbahaya sehingga perlu diwasapadai dan segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat ketika anda atau orang disekitar anda terindikasi menderita penyakit hepatitis b.

Berikut ini adalah beberapa indikasi atau gejala penyakit hepatitis b yang perlu diwaspadai, yakni :

  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri di perut bagian bawah.
  • Sakit kuning (dilihat dari kulit dan bagian putih mata yang menguning).
  • Gejala yang mirip pilek, misalnya lelah, nyeri pada tubuh, dan sakit kepala.

Nah ketika beberapa gejala tersebut muncul maka langkag bijak yang perlu dilakukan adalah segera memeriksakan diri kepada dokter guna mengantisipasi timbulnya penyakit hepatitis b mengingat gejala tersebut bukan hanya menunjukan penyakit hepatitis b namun ada kondisi medis yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Dengan begitu maka hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat bahaya hepatitis b bisa anda hindari, lalu apa saja bahaya hepatitis b ?

Bahaya Hepatitis B Akibat Komplikasi

Ketika penyakit hepatitis b yang diderita sudah sampai pada tahap koronis maka diperlukan pengobatan yang lebih intensif karena apa ? karena hepatitis b bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Berikut ini adalah bahaya hepatitis b akibat komplikasi penyakit hepatitis b kronis yakni :

1). Sirosis Hati

Sirosis adalah kondisi dimana terbentuknya jaringan parut di hati yang mana kondisi tersebut bisa menyebabkan hati tidak berfungsi sebagai mestinya sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah dan gangguan pada kesehatan.

Jika terbentuknya sirosis hati masih terbilang kecil maka gejala tidak akan muncul, barulah jika sirosis hati sudah jauh menyebar dan parah maka gejala akan muncul yanki berupa : turunnya berat badan, mual, gampang lelah, gatal-gatal pada kulit dan pembengkakan pada perut serta pergelangan kaki.

2). Kanker Hati

Ketika penyakit hepatitis b sudah kronis dan tidak mendapatkan penanganan yang intensif maka berpotensi berkembang menjadi kanker sehingga lebih berbahaya dan mengancam jiwa.

Beberapa gejala kanker hati yang biasanya muncul adalah : mual, muntah, sakit perut, penurunan berat badan, serta sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning)

3). Hepatitis B Fulminan

Hepatitis B fulminan adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh menjadi keliru sehingga mulai menyerang hati hingga menyebabkan kerusakan yang parah.

Gejala yang muncul akibat kondisi tersebut meliputi : penderita menjadi linglung atau bingung, perut membengkak, dan sakit kuning.

Pada kasus yang lebih parah Hepatitis B fulminan bisa menyebabkan hati berhenti berfungsi dan seringkali berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Nah itulah beberapa dampak dan bahaya hepatitis b yang bisa terjadi jika tidak segera ditangani dengan cepat dan serius, untuk itu mulai dari sekarang jangan pernah abaikan segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika terindikasi menderita gejala hepatitis b.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *