Ciri Ciri Penderita Penyakit Hepatitis B

Ciri Penderita Penyakit Hepatitis B .- Hepatitis B merupakan penyakit mematikan yang mudah ditularkan, untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja gejala penyakit hepatitis b sehingga apabila gejalanya kita rasakan atau temukan pada orang terdekat kita bisa segera melakukan penanganan dan pengobatan.

Dengan begitu maka hal buruk yang bisa membahayakan bisa dihindari, selain itu penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat bisa membantu mempermudah penyembuhan penyakit.

Itulah mengapa sangat penting bagi kita mengetahui dan mencari tahu tentang ciri penyakit hepatitis b.

Ciri Ciri Penderita Penyakit Hepatitis B

Ciri Ciri Penderita Penyakit Hepatitis B

Ada sekitar 13 juta jiwa pengidap hepatitis B di indonesia sehingga mengantarkan negara kita menempati urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah penderita hepatitis b terbanyak setelah china dan india.

Dari beberapa jenis penyakit hepatitis, heptitis b merupakan yang paling mematikan atau ganas bahkan 10x lipat lebih ganas dari HIV.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua hingga ibu hamil.

Celakanya penyakit ini bisa menular dan terbilang mudah menular hanya dengan kita menghirup percikan saat penderita batuk atau bersin saja maka penyakit hepatitis b bisa bersemayam didalam tubuh kita.

Lama kelamaan virus hepatitis b yang terhirup dan bersemayam didalam tubuh kita akan berkembang dan menginfeksi hati yang bisa menyebabkan hati kehilangan fungsinya karena mengalami kerusakan seperti sirosis hati, gagal hati hingga memicu timbulnya sel kanker hati.

Kondisi tersebut jelas sangat berbahaya dan mengancam jiwa sipenderitanya.

Namun kondisi tersebut bisa dicegah jika kita segera melakukan penanganan dan pengobatan yang serius. Itulah sebabnya mengapa pada saat gejala muncul disarankan segera menemui dokter.

Berikut ini adalah beberapa ciri penderita penyakit hepatitis b yang umumnya dialami, yakni :

  • Kehilangan nafsu makan
  • Muntah
  • Nyeri pada daerah tubuh
  • Demam tingan
  • Warna urine berubah menjadi lebih gelap
  • Rasa gatal pada kulit
  • Mudah lelah dan lemas
  • Warna kulit dan bagian tubuh yang berwarna putih berubah menjadi kuning

Sebagian besar kasus penderita hepatitis b yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius mengakibatkan terjadinya hepatitis kronis yang memperparah keadaan serta menimbulkan berbagai komplikasi yang lebih berbahaya.

Kompikasi Penyakit Hepatitis B

Dikutip dari laman alodokter.com berikut ini adalah beberapa komplikasi hepatitis b yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius, yakni :

Sirosis Hati

Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang terbentuk sebagai akibat dari jaringan atau sel-sel hati mengalami kerusakan dan peradangan yang berkelanjutan.

Gejala sirosis biasanya tidak terdeteksi dan sering tidak disadari penderitanya sampai terjadi kerusakan yang parah pada hati.

Sirosis yang parah dapat memicu gejala-gejala seperti turunnya berat badan, mual, gampang lelah, gatal-gatal pada kulit dan pembengkakan pada perut serta pergelangan kaki.

Kanker Hati

Hepatitis B kronis bisa berkembang menjadi kanker hati jika tidak ditangani dengan baik.

Gejala pada komplikasi ini di antaranya adalah mual, muntah, sakit perut, penurunan berat badan, serta sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning). Operasi mungkin akan dilakukan untuk membuang bagian hati yang terserang kanker.

Hepatitis B Fulminan

Hepatitis B fulminan terjadi saat sistem kekebalan tubuh menjadi keliru dan mulai menyerang hati hingga menyebabkan kerusakan yang parah.

Beberapa gejala yang mengindikasikan kondisi tersebut adalah penderita menjadi linglung atau bingung, perut membengkak, dan sakit kuning.

Penyakit ini bisa menyebabkan hati berhenti berfungsi dan seringkali berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Itulah beberapa komplikasi akibat penyakit hepatitis yang tidak diatasi dan diobati denga serius, untuk itu segera atasi dan obati ketika anda atau orang terdekat anda mengalami ciri penyakit hepatitis b.

Baca : Cara Mengobati Hepatitis B Secara Alami

Demikianlah informasi tentang ciri ciri penderita penyakit hepatitis b ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami.

Jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *