Bahaya Hepatitis B Pada Ibu Hamil

Salah satu gangguan atau penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil adalah hepatitis, dimana penyakit ini perlu mendapatkan penanganan yang serius karena jika tidak bisa berbahaya dan berikut adalah bahaya hepatitis b pada ibu hamil yang bisa terjadi.

Bahaya Hepatitis B Pada Ibu Hamil

Bahaya Hepatitis B Pada Ibu Hamil

Hepatitis adalah peradangan serius pada hati akibat virus, dimana ada beberapa jenis virus hepatitis yakni hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Jika ditangai dengan baik penyakit hepatitis pada ibu hamil bisa menyebabkan penyakit parah, kerusakan hati, virus menular ke cabang bayi yang tengah di kandung hingga menyebabkan kematian.

Maka dari itu sangat penting bagi anda wanita hamil yang saat ini terindikasi terkena gejala penyakit hepatitis untuk melakukan pengobatan yang serius.

Celakanya hepatitis biasanya tidak menimbulkan gejala diawal kemunculannya sehingga banyak ibu hamil yang tidak menyadari dirinya terkena penyakit hepatitis.

Hepatitis B adalah jenis hepatitis yang paling sering terjadi selama kehamilan dan paling sering ditularkan dari ibu ke bayi. Dimana tingkat penularan dari ibu ke bayi mencapai angka 90%.

Itu artinya jika ibu hamil menderita penyakit hepatitis b maka sudah hampir bisa dipastikan cabang bayi yang sedang dikandung juga akan menderita penyakit hepatitis b ini.

Gejala Hepatitis B Pada Ibu Hamil

Diatas kami menyebutkan bahwa penyakit hepatitis b tidak menimbulkan gejala khusus pada awal kemunculannya , akan tetapi walapun demikian ada beberapa keluhan atau gejala yang patut diwaspadai sebagai gejala hepatitis b jika ibu hamil mengalaminya yakni berupa :

  1. Mual muntah
  2. Selalu merasa cape
  3. Nafsu makan berkurang
  4. Demam
  5. Sakit perut utamanya di area hati dan sisi kanan atas
  6. Nyeri otot dan persendian
  7. Penyakit kuning

Segera temui dokter atau lakukan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda sehingga dampak atau bahaya hepatitis b bisa anda hindari.

( Baca : Cara Mengobati Hepatitis B Dengan Temulawak )

Bahaya Hepatitis B Pada Ibu Hamil

Ketika ibu hamil sudah terkena penyakit hepatitis b maka inilah bahaya hepatitis b pada ibu hamil yang bisa muncul atau terjadi.

Pertama, ibu hamil bisa mengalami perlemakan hati yang mengakibatkan hati mengalami sirosis hati dan mengalami penurunan fungsi hati. Hal tersebut muncul sebagai akibat dari berkurangnya enxim yang biasa diproduksi oleh hati yang memungkinkan wanita hamil untuk memetabolisme asam lemak.

Kedua, bahaya hepatitis b pada ibu hamil adalah timbulnya batu empedu yang akan menimbulkan penyakit kuning selama kehamilan.

Ketiga, bahaya hepatitis b pada ibu hamil bisa menyebabkan ketuban pecah dini, diabetes gestasional, dan/atau mengalami perdarahan berat pada akhir kehamilan hingga mengalami komplikasi saat persalinan seperti plasenta abrupsio dan kematian bayi saat lahir.

Selain menimbulkan bahaya pada ibu hamil, penyakit hepatitis b pada ibu hamil juga bisa berdampak buruk pada cabang bayi yang dikandungnya utamanya pasca bayi dilahirkan seperti : bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan kelainan anatomi dan fungsi tubuh bayi.

Resiko yang paling mungkin terjadi adalah bayi lahir terinfeksi hepatitis b yang bisa berkembang lebih parah hingga mengancam jiwa sanga bayi yang dilahirkan.

Bayi juga bisa mengalami riwayat kesehatan buruk seperti mengalami sirosis hati ( kerusakan hati ) hingga kanker hati di kemudian hari.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya hepatitis b pada ibu hamil ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *