Buah Buahan Untuk Penderita Hepatitis B

Simak, inilah buah buahan untuk penderita hepatitis b yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin guna membantu proses penyembuhan disamping konsumsi obat hepatitis b baik obat dokter atau obat tradisonal.

Buah Buahan Untuk Penderita Hepatitis B

Buah Buahan Untuk Penderita Hepatitis B

Penyakit hepatitis b adalah salah satu gangguan hati yang menyebabkan hati mengalami peradangan akut yang terjadi selama beberapa tahun bahkan pada sebagian kasus peradangan tersebut berlanjut menjadi kanker hati, penyebabnya adalah virus hepatitis b ( VHB ).

Hepatitis B pernah menjadi endemik dibeberapa kawasan negara asia utamanya negara-negara berkembang seperti indonesia.

Selain karena paparan virus VHB, penyakit hepatitis b juga bisa disebabkan oleh keracunan obat dan paparan berbagai maca zat kimia yang sering digunakan dalam industri obat modern. Zat tersebut tidak sengaja terhirup, tertelan atau bahkan menyerang ke dalam sel kulit.

Akibatnya hati akan bekerja keras guna menetralkan zat kimia yang masuk kedalam tubuh, jika kondisi tersebut terjadi dan zat kimia yang masuk semakin banyak maka lama kelamaan hati akan rusak dan tidak mampu bekerja secara maksimal.

Jika hati sudah mengalami kerusakan maka biasanya akan diikuti oleh penyakit hepatitis b yang justru semakin memparah kerusakan hati.

Indikasi atau gejala seseorang terkena penyakit hepatitis b adalah umumnya sebagai berikut, yakni :

  • Mual muntah
  • Nafsu maka berkrang
  • Sakit kuning yang ditandai dengan mata, kulit dan kuku menguning
  • Lelah berkelanjutan
  • Nyeri pada tubuh
  • Sakit kepala

Celakanya penyakit hepatitis b termasuk kedalam penyakit yang mudah menular dan ditularkan sehingga jika ada salah satu keluarga anda yang menderita penyakit ini maka semua perlu waspada dan melakukan cek up secara medis.

Cara penularannya ialah melalui kontak seksual, berbagi jarum suntik, hingga dari ibu ke bayi ( keturunan ).

Selain membuat fungsi hati berkurang, penyakit hepatitis b juga bisa menyebabkan komplikasi jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Dimana komplikasi berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Komplikasi yang terjadi ialah berupa :

  • Sirosis ( pembentukan jaringan parut dihati )
  • Kanker Hati
  • Hepatitis B Fulminan

Mengingat dampak komplikasi yang ditimbulkan sangatlah serius dan berbahaya karena bisa mengancam jiwa maka diperlukan pengobatan yang serius dan tuntas jika saat ini anda atau keluarga anda terdiaknosa menderita sakit hepatitis b.

Pengobatan yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah memberikan obat-obatan dalam jangka panjang hingga bertahun-tahun guna mencegah kerusakan hati.

Meskipun saat ini sudah tersedia obat hepatitis b namun obat tersebut kecil kemungkinan bisa melenyapkan virus hepatitis b sepenuhnya sehingga perlu dilakukan tindakan tambahan agar virus bisa lenyap.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu tubuh menekan virus hepatitis agar tidak merusak hati.

Nah, berbicara mengenai buah buahan, berikut ini adalah buah buahan untuk penderita hepatitis b yang sebaiknya dikonsumsi guna membantu proses penyembuhan penyakit, yakni :

1.) Buah Apel

Buah apel diketahui memiliki kandungan pektin yakni unsur kimia alami yang dapat membersihkan sekaligus mengeluarkan racun dari hati sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita hepatitis b.

Konsumsi buah apel secara rutin maka dapat membantu meringkan kerja hati dalam mengeluarkan dan menetralkan racun di hati.

2.) Buah Jeruk

Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang tinggi serta gudang antioksidan yang bagus untuk tubuh sehingga buah ini sangat baik jika sering dikonsumsi oleh penderita hepatitis b guna membantu melawan virus hepatitis b dengan cara meningkatkan sistem imuns tubuh.

Buah jeruk juga dapat membantu hati membersihkan hati dengan cara detoksifikasi yakni jeruk akan merangsang tubuh menghasilkan glutahione lebih banyak guna menyapu racun berbahaya di hati.

3.) Buah Jambu Biji Merah

Selain jeruk, sumber vitamin C selanjutnya adalah buah jambu biji merah dimana kandungannya melebihi buah jeruk.

Vitamin C sangat bagus bagi tubuh penderita hepatitis b karena vitamin tersebut dapat mendongkrak daya tahan tubuh penderita hepatitis b serta melawan virus hepatitis b.

4.) Buah Manggis

Selanjutnya buah yang bagus untuk penderita hepatitis b adalah sihitam manis buah manggis.

Buah manggus diketahui mengandung zat xanthone yakni sumber antiokisdan yang dapat membantu meringankan gejala penyakit hepatitis b serta melawan virus hepatitis B.

5.) Buah Lemon Dan Jeruk Limau

Kedua jenis jeruk ini terbukti memiliki kandungan vitamin C dimana vitamin C dapat merangsang hati untuk memperoduksi antibodi yang berguna melawan berbagai macam bakteri dan virus penyebab infeksi termasuk virus hepatitis b.

Itulah buah buhan untuk penderita hepatitis b yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin oleh penderita hepatitis b guna membantu meringankan gejala sekaligus membantu proses penyembuhan penyakit selain konsumsi obat hepatitis b yang diresepkan dokter.

Selain konsumsi buah-buhan penderita juga bisa mengkonsumsi obat hepatitis b tradisional sebagai suplemen tambahan sehingga penyembuhan mendapatkan hasil maksimal.

Demikianlah informasi tentang buah buahan untuk penderita hepatitis b ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan artikel ini jika anda rasa bemanfaat dan salam sehat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *