Jus Buah Untuk Penderita Hepatitis B

Jus Buah Untuk Penderita Hepatitis B .- Konsumsi jus adalah cara sehat yang dapat dilakukan oleh penderita hepatitis b untuk membantu proses penyembuhan penyakit.

Jus Buah Untuk Penderita Hepatitis B

Jus Buah Untuk Penderita Hepatitis B

Hepatitis b adalah penyakit yang menyerang organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B yakni kondisi dimana hati mengalami infeksi serius.

Penyakit ini perlu diwaspadai karena lebih berbahaya dari penyakit hepatitis A, dimana jika sudah parah hepatitis b bisa mengakibatkan kerusakan hati dan berkembang menjadi kanker hati.

Celakanya penyakit ini termasuk kedalam penyakit yang tidak menimbulkan gejala diawal kemunculannya sehingga sebagian besar penderita tidak menyadari dirinya terkena penyakit hepatitis B.

Hal tersebutlah yang membuat angka penderita hepatitis b terus bertambah setiap tahunnya.

Selain itu, penyakit hepatitis b juga penyakit yang mudah menular yakni ditularkan dari satu orang ke orang lainnya melalui darah, ari liur dan cairan tubuh lainnya yang terkontaminasi oleh virus. Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah akan mudah terkena penyakit hepatitis b.

Berikut ini adalah cara penularan virus hepatitis b yang mesti diwaspadai, yakni :

  • Melakukan hubungan badan dengan orang yang terinfeksi virus hepatitis b
  • Berbagi jarum suntik
  • Menerima suntikan di rumah sakit atau dokter dari jarum yang tidak steril.
  • Bikin tato atau tindik tubuh dengan peralatan yang tidak steril.
  • Saling meminjam barang pribadi dengan orang yang terinfeksi, seperti alat cukur, sikat gigi, atau handuk.
  • Memiliki luka terbuka dan terpapar darah orang lain yang terinfeksi.
  • Ibu ke anak

Indikasi atau gejala yang umumnya dirasakan oleh seseorang yang terkena penyakit hepatitis b adalah berupa :

  • Nyeri perut
  • Urin berwarna gelap seperti teh
  • Warna feses yang pucat seperti dempul
  • Demam
  • Nyeri sendi
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Kelemahan dan kelelahan
  • Kulit dan bagian putih mata menguning (jaundice)

Beberapa gejala diatas, baru muncul setelah virus menginfeksi tubuh selama 1 hingga 4 bulan. Selain itu gejala yang muncul pada setiap penderita tidaklah mesti seperti yang telah kami jabarkan diatas.

Bahkan penderita ada yang hanya mengalami gejala ringan mirip dengan penyakit flu.

Dianjurkan segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius jika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan dan temukan pada orang terdekat anda. Karena orang yang sudah ternfeksi virus hepatitis b bisa menurun drastis jika tidak menerima penanganan dan pengobatan dalam 24 jam setelah gejala tersebut muncul.

Tidak hanya itu, penyakit hepatitis b yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius bisa menimbulkan komplikasi berupa :

  1. Kerusakan jaringan hati (sirosis) yang mengganggu fungsi hati
  2. Kanker hati
  3. Gagal hati — Anda mungkin perlu transplantasi hati untuk bertahan hidup
  4. Kondisi lainnya, seperti penyakit ginjal, peradangan pembuluh darah atau anemia

Untuk pengobatan hepatitis b yang tepat adalah anda sebaiknya menemui dokter spesialis hati ( ahli hepatologi ).

Langkah pengobatan yang diambil akan berbeda tergantung penyakit hepatitis b yang diderita yakni hepatitis b akut atau hepatitis b kronis.

Tidak ada langkah khusus untuk mengatasi hepatitis B akut. Penyakit ini dapat sembuh tanpa harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, penyakit hepatitis b diatasi dengan cara memberikan obat-obatan guna menekan aktivitas virus hepatitis B serta menghambat proses kerusakan pada hati sehingga tubuh sempat memperbaikinya.

Namun obat yang diberikan tidak akan 100% menghilangkan virus, sehingga perlu penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut meski penderita sudah dinyatakan sembuh.

Selain itu, penderita hepatitis b juga dianjurkan melakukan langkah penanganan pendukung salah satunya mengkonsumsi obat herbal, berolahraha serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seperti jus buah dll.

Jus Buah Untuk Penderita Hepatitis B

Mengkonsumsi jus adalah langkah yang paling mudah dalam membantu proses pencegahan dan pengobatan penyakit hepatitis b.

Berikut ini adalah jus buah untuk penderita hepatitis b yang bisa dimasukan kedalam menu harian penderita penyakit hepatitis b, yakni :

1.) Jus Jambu Biji Merah

Jus buah jambu biji merah sudah sejak zaman dahulu kala dipakai untuk membantu menyembuhkan penyakit hepatitis b secara alami dan bertahan sehingga disarakan dikonsumsi oleh penderita hepatitis b secara teratur.

2.) Jus Buah Jeruk

Selanjutnya jus untuk penderita hepatitis b adalah jeruk. Jeruk terbukti memiliki banyak manfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan salah satunya adalah dapat mengatasi penyakit hepatitis b jika dikonsumsi secara rutin.

Hal tersebut karena jeruk kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna menekan virus hepatitis b.

3.) Jus Buah Lemon

Sama dengan jeruk lemon juga kaya akan kandungan antioksidan karena merupakan salah satu sumber vitamin C yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bagi penderita hepatitis b, konsumsi rutin jus lemon dapat membantu mengatasi penyakit hepatitis b secara perlahan.

4.) Jus Apel

Jus buah selanjutnya yang bagus untuk penderita hepatitis b adalah buah apel. Buah ini telah terbukti memiliki khasiat dan manfaat mampu mengobati hepatitis.

Hal tersebut karena buah apel banyak mengandung nutrisi seperti : kalori, hidrat arang, protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan banyak memiliki kandungan air.

5.) Jus Buah Naga

Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak memiliki khasiat dan manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit salah satunya dalah penyakit hepatitis B.

Itu semua karena buah naga terbukti memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena banyak mengandungn vitamin C.

Itulah sebabnya mengapa buah naga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita hepatitis B, anda bisa mendapatkan khasiat dan manfaat dari buah naga dengan cara dijus.

6.) Jus Kulit Manggis

Kulit manggis terbukti memiliki antioksidan super bernama Xanthone yang telah terbukti memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam mencegah dan mengobati beragam penyakit.

Zat antioksida xanthone dalam tubuh dapat menangkal radikal bebas yang masuk ataupun terbentuk didalam tubuh penyebab timbulnya berbagai penyakit.

Selain itu, antioksidan juga dapat melawan dan memusnahkan berbagaimacam jenis bakteri dan virus penyebab infeksi dan peradangan pada tubuh termasuk infeksi virus hepatitis B.

Itulah sebabnya sangatlah tepat jika kulit manggis dikonsumsi oleh penderita hepatitis b, untuk mendapatkan manfaatnya bisa dengan cara mengekstraknya, merebusanya hingga dijadikan jus.

Nah, itulah beberapa jus buah untuk penderita hepatitis B yang  aman dan bagus dikonsumsi oleh penderita hepatitis b guna membantu proses pengobatan dan penyembuhan penyakit selain konsumsi obat dokter.

Demikianlah informasi tentang jus buah untuk penderita hepatitis b ini semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *